Robot "Siluman" Sang Pemantau Satwa Liar

Para Ilmuwan Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) mengembangkan robot yang diberi nama "siluman" yang memiliki kemampuan menelusuri satwa liar. Robot ini juga dilengkapi dengan empat buah roda. Kemampuan menelusuri satwa liar dalam lingkungan alami, namun tetap menjaga agar tetap tidak terdeteksi oleh satwa tersebut adalah tantangan teknologi bagi ilmuwan. Para ahli di CSIRO tertantang untuk mencoba dan mengembangkan robot canggih tersebut.

Mengobservasi perilaku hewan di alam bebas bisa menjadi tugas berat bagi para peneliti. Pasalnya Mereka harus menunggu hingga berjam-jam, hari, atau bahkan berbulan-bulan untuk merekam aktivitas pengamatan.

Robot "siluman" ini dapat diartikan dalam hal "visual" dan "akustik". Umumnya, robot penelitian dengan kemampuan memantau diam-diam ini difokuskan pada aktivitas sembunyi dari target.

Ilmuwan mengembangkan robot dengan konsep mengurangi kejelasan visual (tidak menyolok) dan memungkinkannya untuk bersembunyi di tempat terbuka. Sehingga, robot tetap dapat mencapai pengamatan secara konstan.

Setelah berada pada titik pengamatan, robot memonitor target dan mengevaluasi lingkungan untuk mendukung lokasi pandang yang lebih baik. Ilmuwan juga memperhatikan kemampuan kamuflase robot terhadap latar belakang lingkungan.

Robot bisa ditempatkan atau dipanggil ke daerah di mana aktivitas hewan akan muncul atau terdeteksi. Ilmuwan juga menyematkan jaringan sensor pada robot.

Recommended Posts :

0 comments:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Selamat Datang di ThreeTec
Silahkan Anda Berkomentar dibawah , Diharapkan berkomentar terkait dengan postingan diatas dan JANGAN SPAM !

Terima Kasih..