Woww , Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter akan jadi Kenyataan

(Ilustrasi)
Ilmuwan Center for Functional Nanostructures (CFN) dari Karlsruhe Institute of Technology di Jerman selama beberapa tahun terakhir tengah bekerja keras untuk mengembangkan sebuah jubah gaib. Layaknya film "Harry Potter", mereka mengklaim jubah ini akan membuat penggunanya tidak terlihat.

Sederhananya, jubah ini menggunakan gelombang cahaya yang membuatnya tampak tak terlihat atau tembus pandang. Ilmuwan mengatakan, konsep ini melibatkan perhitungan yang kompleks mirip dengan Teori Relativitas milik Enstein. Demikian dilansir thechemicalblog, Rabu (22/5/2013).

Jubah gaib ini akan membuat ilusi cermin melengkung tampak datar dan membuat objek yang tersembunyi di bawahnya tidak terlihat. Ketika gelombang cahaya mengenai permukaan jubah, lengkungan cermin tidak membelokkannya, melainkan membuatnya sedemikian rupa hingga tampak datar.

Sejauh ini, jubah gaib dapat bekerja lebih baik pada kisaran antara 1500 sampai 2600 nm (nanometer). Ini mungkin di luar spektrum yang terlihat, tetapi memiliki peran penting dalam beberapa aplikasi, termasuk untuk bidang telekomunikasi.

"Melihat sesuatu yang tidak terlihat dengan mata merupakan pengalaman yang menarik," kata dua ilmuwan Tolga Erin dan Joachim Fischer.

Dengan bantuan metode laser yang dikembangkan oleh CFN memungkinkan untuk menghasilkan struktur tiga dimensi (3D) dengan sifat yang ada di alam atau biasa disebut metamaterials. Penyempurnaan metamaterials ini akan mampu menghasilkan jubah gaib pertama dengan tingkat kamuflase pada cahaya 700 nm.

Hal ini berarti tak hanya tembus pandang saja, tetapi juga dapat menghasilkan jubah gaib termahal yang memungkinkan pengguna merasakan kehangatan atau panas ketika mengenakan jubah.

Dengan menggunakan plat tembaga tipis (konduktor) yang memiliki struktur silikon cerdik teroganisir (konduktor yang buruk), maka dapat menghasilkan bahan yang dapat menghasilkan panas dengan kecepatan berbeda.

Sumber

Recommended Posts :

2 comments:

Unknown mengatakan...

wah jadi penasaran sama jubah nya

Bang Hendra mengatakan...

Kita tunggu saja launching jubah gaib ini... :D

Posting Komentar - Kembali ke Konten

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Selamat Datang di ThreeTec
Silahkan Anda Berkomentar dibawah , Diharapkan berkomentar terkait dengan postingan diatas dan JANGAN SPAM !

Terima Kasih..